Jumat, 15 Juli 2011

statistika

STATISTIKA
statistika : adalah cabang dari matematika yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, penganalisaan, dan penarikan kesimpulan dari data. sedangkan statistik adalah segala informasi yang bisa kita dapatkan dari data.

berdasarkan kebutuhan terhadap pengolahan data, statistik dibagi dua yaitu: statistik deskriftif (segala informasi yang dapat menggambarkan data yang diperoleh) dan statistik inferensial(info yang diperoleh dari data yang ada dan digunakan untuk menarik kesimpulan tentang populasi objek yang lebih besar).

datum adalah info tentang suatu masalah atau keadaan. data adalah sekumpulan info yang dapat menggambarkan suatu keadaan. berarti data adalah kumpulan dari datum-datum, atau bisa dikatakan bahwa data adalah bentuk jamak dari datum.

data statistik dapat diperoleh dengan cara-cara : survei(suatu daftar pertanyaan dengan pilihan jawaban yang telah ditentukan yang diberikan kepada responden), review(mengambil data dari literatur lain yang sudah terbit), observasi(mengambil data dari pengamatan atau peneletian langsung).

macam-macam data: data kuantitatif dan data kualitatif. data tunggal dan data kelompok

populasi adalah semua objek yang akan diteliti, sementara sebagian populasi yang benar-benar diambil datanya dan dibuat statistiknya.

PENYAJIAN DATA
data dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar